Kapan Pembatasan Whatsapp (WA) Instagram (IG) dan Facebook (FB) Normal Kembali? Ini Kata Menkominfo

Whatsapp (WA) Instagram (IG) dan Facebook (FB) down (error)

Sejak Rabu 22 Mei, akses terhadap beberapa media sosial seperti WhatsApp, Instagram dan Facebook mengalami pembatasan untuk di akses.

Jika teman-teman mengalami hal yang serupa, mungkin bertanya-tanya "Ini kenapa kok Whatsapp, Instagram, dan Facebook bisa gangguan, error alias down secara bersamaan?".

Ganguan di beberapa media sosial ini terjadi di semua provider baik itu Telkomsel, Indosat, XL, dan jaringan internet seperti Indihome.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan ‎pemblokiran media sosial terkait aksi 22 Mei yang terjadi di indonesia saat ini.

Hal ini di lakukan untuk mencegah terjadinya provokasi yang lebih besar saat aksi 22 Mei 2019 melalui penyebaraan berita bohong (hoaks), demi keamanan dan ketenangan negeri kita sehingga pemerintah mengambil langkah pembatasan beberapa akses pada media sosial bukan menutup sarana komunikasi melainkan hanya melakukan pembatasan.

Rudi mengatakan pada umumnya informasi yang paling bisa mempengaruhi psikologis dan emosi seseorang adalah foto dan video. Informasi yang hanya berupa teks biasanya tidak terlalu mempengaruhi emosi seseorang.

Selain itu, informasi bisa viral dengan cepat biasanya juga melalui foto dan video. Hal itu menjadi alasan Kemenkominfo membatasi akses untuk mengunduh dan mengunggah foto dan video di media sosial dan WhatsApp.

Dalam wawancara yang di lakukan dengan KOMPAS TV pada kamis 23 mei 2019, Rudi menjelaskan pembatasaan akses medsos itu tanpa batas waktu dan akan terus mengalami gangguan sampai situasi pulih kembali (kondusif).

Sementara itu, Menko Polhukam Wiranto mengatakan pemerintah menyesal harus sampai mengambil langkah ini. "Tetapi ini bukan karena mau sewenang wenang. Ini upaya mengamankan negeri ini. Kita sama-sama memiliki negeri ini, jadi berkorban 2-3 hari enggak lihat gambar," kata dia.

Artinya jika merunut kalimat Wiranto, Kemungkinan adalah pembatasan Whatsapp (WA) Instagram (IG) dan Facebook (FB) kembali normal besok 25 Mei 2019. Ya... Semoga sajalah ya.

Cara mengatasi pembatasan medsos dengan VPN


VPN (Virtual Private Network)

Untuk mengatasi gangguan tersebut, sebagian pengguna mencoba celah internet dengan VPN.

Pengertian VPN (Virtual Private Network) adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi (private) melalui jaringan publik (internet).

Gambaran sederhana dari kerja VPN adalah seperti ini : "mengganti alamat IP (yang merupakan identitas perangkat) dengan alamat IP negara lain".

Karena pembatasaan 3 media sosial diatas di lakuakan pemerintah indonesia sehingga ketika kita akses dengan IP luar negeri, 3 media sosial tersebut tidak di batasi.

Namun perlu di ingat menggunakan VPN gratis akan sangat merugikan karena berpotensi menimbulkan kebocoran informasi pribadi.

0 Response to "Kapan Pembatasan Whatsapp (WA) Instagram (IG) dan Facebook (FB) Normal Kembali? Ini Kata Menkominfo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel